Atap merupakan bagian dari struktur bangunan yng befungsi sebagai penutup/pelindung bangunan dari panas terik matahari dan hujan sehingga memberikan kenyamanan bagi penggunan bangunan. Struktur atap pada umumnya terdiri dari tiga bagian utama yaitu : struktur penutup atap, gording dan rangka kuda-kuda. Penutup atap akan didukung oleh struktur rangka atap, yang terdiri dari kuda-kuda, gording, usuk dan reng. Beban-beban atap akan diteruskan ke dalam fondasi melalui kolom dan/atau balok. Konstruksi atap memungkinkan terjadinya sirkulasi udara dengan baik.
2. Bentuk-bentuk Atap
a. Atap Limasan
b. Atap Pelana
c. Atap Gerigi (Gergaji)/ Sawteeth
d. Atap Tenda Terpatah (Joglo)
3. Bagian-Bagian Atap
Bagian-bagian atap terdiri atas; kuda-kuda, ikatan angin, jurai, gording, sagrod, bubungan, usuk, reng, penutup atap, dan talang
Bagian – bagian dari konstruksi rangka atap Konstruksi kuda – kuda terdiri dari :
Bagian – bagian dari konstruksi rangka atap Konstruksi kuda – kuda terdiri dari :
a. Gording
Gording membagi bentangan atap dalam jarak-jarak yang lebih kecil pada proyeksi horisontal. Gording meneruskan beban dari penutup atap, reng, usuk, orang, beban angin, beban air hujan pada titik-titik buhul kuda-kuda. Gording berada di atas kuda-kuda, biasanya tegak lurus dengan arah kuda-kuda. Gording menjadi tempat ikatan bagi usuk, dan posisi gording harus disesuaikan dengan panjang usuk yang tersedia. Gording harus berada di atas titik buhul kuda-kuda, sehingga bentuk kuda-kuda sebaiknya disesuaikan dengan panjang usuk yang tersedia.Bahan- bahan untuk Gording, terbuat dari kayu, baja profil canal atau profil WF. Pada gording dari baja, gording satu dengan lainnya akan dihubungkan dengan sagrod untuk memperkuat dan mencegah dari terjadinya pergerakan. Posisi sagrod diletakkan sedemikian rupa sehingga mengurangi momen maksimal yang terjadi pada gording. Gording kayu biasanya memiliki dimensi; panjang maksimal 4 m, tinggi 12 cm dan lebar 10 cm. Jarak antar gording kayu sekitar 1,5 s.d. 2,5 m. Gording dari baja profil canal (Iight lip channel) umumnya akan mempunyi dimensi; panjang satu batang sekitar 6 atau 12 meter, tinggi antara 10 s.d. 12 cm dan tebal sekitar 2,5 mm. Profil WF akan memiliki panjang 6 s.d. 12 meter, dengan tinggi sekitar 10 s.d. 12 cm dan tebal sekitar 0,5 cm.
b. Jurai
Pada pertemuan sudut atap terdapat batang baja atau kayu atau framework yang disebut jurai. Jurai dibedakan menjadi jurai dalam dan jurai luar.
c. Sagrod
Sagrod adalah batang besi bulat terbuat dari tulangan polos dengan kedua ujungnya memiliki ulir dan baut sehingga posisi bisa digeser (diperpanjang/diperpendek).
c. Murplat ( balok tembok atau blandar ) Murplat adalah balok kayu berukuran 8/12 cm yang ditumpangkan di atas dnding tembok atau ring balk bagian luar, posisinya searah dengan ring balk. Pada murplat inilah nantinya usuk dipakukan. c. Gording Gording adalah balok kayu berukuran 8/12 cm yang dipasang melintang di sisi atas kaki kuda – kuda yang fungsinya untuk tempat menyambung usuk dan membagi bentangan usuk agar lendutan tidak terlalu besar. d. Nook ( mollo ) Nook adalah balok kayu berukuran 8/12 cm yang dipasang melintang terhadap kaki kuda-kuda, tepatnya diujung atas maklar. Nook merupakan tempat bertemuanya bidang atap bagian atas.
c. Murplat ( balok tembok atau blandar ) Murplat adalah balok kayu berukuran 8/12 cm yang ditumpangkan di atas dnding tembok atau ring balk bagian luar, posisinya searah dengan ring balk. Pada murplat inilah nantinya usuk dipakukan. c. Gording Gording adalah balok kayu berukuran 8/12 cm yang dipasang melintang di sisi atas kaki kuda – kuda yang fungsinya untuk tempat menyambung usuk dan membagi bentangan usuk agar lendutan tidak terlalu besar. d. Nook ( mollo ) Nook adalah balok kayu berukuran 8/12 cm yang dipasang melintang terhadap kaki kuda-kuda, tepatnya diujung atas maklar. Nook merupakan tempat bertemuanya bidang atap bagian atas.
d. Usuk/kaso
Usuk berfungsi menerima beban dari penutup atap dan reng dan meneruskannya ke gording. Usuk terbuat dari kayu dengan ukuran 5/7 cm dan panjang maksimal 4 m. Usuk dipasang dengan jarak 40 s.d. 50 cm antara satu dengan lainnya pada arah tegak lurus gording. Usuk akan terhubung dengan gording dengan menggunakan paku. Pada kondisi tertentu usuk harus dibor dahulu sebelum dipaku untuk menghindari pecah pada ujung-ujung usuk.
e . Nook ( mollo )
Nook adalah balok kayu berukuran 8/12 cm yang dipasang melintang
terhadap kaki kuda-kuda, tepatnya diujung atas maklar. Nook merupakan
tempat bertemuanya bidang atap bagian atas.
f. Penutup Atap
Penutup atap adalah elemen paling luar dari struktur atap. Penutup atap harus mempunyai sifat kedap air, bisa mencegah terjadinya rembesan air selama kejadian hujan. Sifat tidak rembes ini diuji dengan pengujian serapan air dan rembesan. Struktur penutup atap merupakan struktur yang langsung berhubungan dengan beban-beban kerja (cuaca) sehingga harus dipilih dari bahan-bahan yang kedap air, tahan terhadap perubahan cuaca. Teknik 162 Konstruksi Bangunan Gedung Sederhana Struktur penutup yang sering digunakan antara lain; genteng, asbes, kayu (sirap), seng, polycarbonat, plat beton, dan lain-lain.
1) Genteng
Menurut bahan material terdapat genteng beton dan genteng tanah liat (keramik). Sedangkan menurut bentuknya, genteng terdiri atas genteng biasa (genteng S), genteng kodok, genteng pres silang. Sedangkan untuk bentuk genteng karpus terdiri atas genteng setengah lingkaran, genteng segitiga, dan genteng sudut patah.
Genteng biasa
Genteng kodok
Genteng pres silang
2) Pemasangan Genteng
3) Penutup Atap Kayu (Sirap)
Bahan yang banyak digunakan pada rumah tradisional Indonesia berbahan dasar kayu. Sirap yang terbentuk dari potongan potongan kayu tipis yang disusun 3 atau 4. Potongan kayu ini kemudian dipaku ke multiplek yang melapisi rangka atap.
4. Jenis Rangka Atap Berdasarkan Bahan Material
a. Rangka Atap Bambu
b. Rangka Atap Kayu
c. Rangka Atap Baja
d. Rangka Atap Baja Ringan
Rangka atap baja ringan terbuat dari campuran Zinc dan alumunium. Atap baja ringan terdiri dari beberapa elemen seperti kuda-kuda sebagai struktur utama (biasanya berbentuk U), reng sebagai pengikat kuda kuda biasanya berbentuk V, sekrup dan lempengan reng yang berfungsi untuk pengatur jarak genteng agar terlihat rapi dan kokoh. Meskipun dari baja, beratnya hanya 10 kg/m2, jauh lebih ringan daripada rangka atap atau kusen dari kayu. Hal ini karena bahannya terbuat dari campuran seng (zinc) dan aluminium alloy (zincalume) dengan komposisi 45 persen seng dan 55 persen aluminium. Selain lebih ringan, produk ini anti-karat, antirayap, antikorosi, tidak menjalarkan api, tidak memuai, tahan lama (sampai 30 tahun) dan mudah dibersihkan. Bila terjadi kebakaran dengan suhu di bawah 600 derajat celcius, rangka tidak memuai dan runtuh.
Rangka baja ini terdiri dari lempengan-lempengan panjang (profil) yang bervariasi bentuk dan ukurannya sesuai fungsi masing-masing dalam struktur rangka atap. Untuk kuda-kuda atau rangka utama dan gording, profil baja ringan ini biasanya berbentuk "I" atau "U" terbalik dan memiliki ukuran yang lebih besar. Sedangkan reng ialah pengikat kudakuda dan gording yang posisinya melintang di atas kuda-kuda dan gording, serta mengikat kuda-kuda dan gording tersebut hingga membentuk suatu kerangka yang kokoh. Lempengan reng adalah profil yang paling kecil bentuk dan ukurannya. Fungsinya sebagai penahan genteng atau jenis atap lainnya dan sebagai pengatur jarak setiap baris genteng agar lebih rapi dan lebih "mencengkeram". Kelebihan dari material atap ini ialah bobot beratnya yang demikian kecil dibandingkan dengan material rangka atap lainnya. Dengan daya tahan terhadap tekanan dan tarikan yang lebih unggul daripada material rangka kayu serta bobot materialnya sendiri yang demikian ringan,
sib
BalasHapus